Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online - Berbelanja sekarang menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Internet pada zaman kini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi ataupun mencari ilmu pengetahuan saja. Internet banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti halnya melakukan pembelian suatu barang. Tidak perlu pergi jauh jauh untuk ke pusat perbelanjaan lagi seperti mall, pasar, ataupun pertokoan. Cukup dengan bermodalkan internet dirumah, anda sudah bisa mendapatkan barang yang anda inginkan dengan mudah.
Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online
Akan tetapi, penggunaan sarana internet ini sering di salah gunakan oleh pihak tertentu. Biasanya untuk mencari keuntungan. Mereka dapat menipu pembeli dengan mudahnya dan memperoleh keuntungan yang melimpah. Nah maka dari itu kita harus lebih pintar dari para oknum penipu ini. Untuk itu, admin akan memberikan tips bagaimana cara agar tidak tertipu saat berbelanja online.

1. Belanja Online di Situs yang Sudah Terpercaya dan Terkenal Reputasinya

Tips yang pertama ini sangat berguna bagi orang yang tidak ingin mengambil resiko. Dengan kita berbelanja di tempat yang sudah terkenal dimasyarakat dan sudah banyak bukti nya, kita akan mendapatkan sebuah rasa kepercayaan diri untuk berbelanja ditempat tersebut. Kita tidak akan terasa ragu ragu lagi untuk membeli barang tersebut karena sudah banyak testimoninya dan sudah terkenal  sampai sampai ada yang sampai mengiklan di tv. Jika kita sudah membeli barang di tempat seperti ini, kita tidak akan bimbang lagi menunggu barang tersebut.

Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Selain itu jika kita beli ditempat Online Shopping yang namanya sudah besar, biasanya mereka memiliki diskon diskon tertentu atau kata lainnya promo. Seperti promo dari elevenia ini yaitu belanja di elevenia gratis voucher 1 juta. Kita juga dapat berkonsultasi langsung dengan customer service nya jika ada masalah seperti komplain atau pengembalian barang. Beberapa situs online shopping teraman dan terpercaya selama ini yang admin ketahui yaitu elevenia, lazada, tokopedia, dan blibli. Dibalik segala kelebihannya, jenis online shopping yang seperti ini biasanya mengalami hambatan terhadap pengirimannya. Tetapi tidak semua situs dan produk. Terkadang saja barang sangat lambat sampai di rumah penerima. Hal ini mungkin terjadi karena ada masalah tertentu.

2. Sebelum Membeli Barang, Usahakan Untuk Melihat Testimoninya Dahulu

Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Pentingnya testimonial untuk meyakinkan pembeli. Karena biasanya jika penjual ingin dagangan nya laku biasanya iya akan berusaha untuk mendapatkan kepercayaan si pelanggan. Nah untuk menarik kepercayaan biasanya penjual memberikan testimoni asli yang ia dapatkan dari para pembelinya terdahulu. Perlu diketahui biasanya testimonial palsu biasanya hanya dikit dan terlihat kaku. Jadi dalam hal ini kita dituntut ketelitian kita.

3. Jangan Tergiur Harga yang Sangat Murah dan Tidak Sebanding Dengan Barang yang di 
    Jual
Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Biasanya para penipu online sering menjual barang dagangan mereka di bawah harga pasaran guna mendapatkan pembeli yang banyak. Akan tetapi ada pula penjual yang tidak menipu melainkan memberikan barang nya tetapi dengan faktor tersembunyi lainnya alias kekurangan yang hanya diketahui oleh si penjual tersebut seperti bahan aslinya yang sebenarna tidak terbuat dari bahan yang diberitahukan oleh penjual alias kualitasnya dibawah dari apa yang diberitahukan si penjual.

4. Jika Jarak Anda dengan Penjual Tidak Begitu Jauh Usahakan Untuk COD

Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online
Tau kan apa yang dimaksud dengan COD ? COD adalah Cash on Delivery, jadi jika barang sampai ketangan si pembeli, baru kita bayar. Untuk lebih jelasnya COD ini biasanya antara penjual dan pembeli janjian untuk ketemuan di suatu tempat agar dapat bertransaksi. Dengan cara ini kita dapat lebih meminimalisir resiko penipuan karena kita langsung bertatap muka dengan si penjual. Tips ketika COD adalah selalu cek barang ditempat kita COD. Karena jika barang tersebut sudah lepas ketika bertransaksi, kita tidak bisa menuntut lagi kepada penjual karena ketika barang tersebut sedang kita transaksikan tidak mengalami masalah apa apa.

5. Jika Kurang Percaya Kepada Seller Lebih Baik Jangan Berbelanja Dengan Seller Tersebut

Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Jika ketika anda sedang bertanya tanya kepada seller atau sedang membaca deskripsi barang yang dituliskan oleh seller  merasa ada kejanggalan, lebih baik anda tidak usah berbelanja dengan seller tersebut. Kenapa ? karena biasanya ini merupakan firasat. Tetapi biasanya tips ini sangat sulit untuk dilaksanakan karena biasanya seller mempunyai jurus jurus jitu dalam menarik pembelinya sehingga kita merasa sangat yakin dengan seller tersebut.

Demikian tips tentang Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online semoga dengan artikel ini kita dapat lebih berhati hati lagi dalam berbelanja online sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya penipuan.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Tips Ampuh Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online"

Nice share gan.
Saya lebih sering belanja online dari toko online yang sudah terpercaya seperti Laz*da, Zal*ra, BerryBen*a, matahar*mall dkk. Kalau beli online lewat seperti *lx itu mending COD. Alhamdulillah sejauh ini belum pernah tertipu.

iya gan .. walaupun belum pernah tertipu tapi setidaknya kita harus lebih hati hati setiap membeli barang secara online :D

 
Copyright © Kang Tips - All Rights Reserved - DMCA
Design OnlinePlus - Powered by KampungBlogger.Com - Template Kunci Dunia